SKM-IKM PUSKESMAS JEBED

SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT (SKM) DI PUSKESMAS JEBED TAHUN 2022 (SMT I)

 

Seiring dengan kemajuan teknologi  dan  tuntutan  masyarakat dalam hal pelayanan, maka unit penyelenggara  pelayanan  publik  dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan pelayanan.

Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah saat ini dirasakan belum memenuhi harapan masyarakat. Hal ini dapat diketahui dari berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan  melalui  media massa dan jejaring sosial. Tentunya keluhan  tersebut,  jika  tidak  ditangani memberikan dampak buruk terhadap pemerintah. Lebih jauh lagi adalah dapat menimbulkan ketidakpercayaan dari masyarakat.

Salah satu upaya yang  harus  dilakukan  dalam  perbaikan  pelayanan publik adalah melakukan survei kepuasan masyarakat (SKM) kepada pengguna layanan dengan mengukur kepuasan masyarakat pengguna layanan. Pengukuran SKM yang dilakukan pada semester 1 (Januari-Juni) tahun 2022. selama pandemi ini responden yang turut berpartisipasi sebanyak 200 orang.

Form survei kepuasa masyarakat yang telah diisi oleh responden tersebut berikutnya dibuat dalam bentuk skor untuk memperoleh hasil. Hasil akhir penilaian SKM di Puskesmas Jebed semester 1 tahun 2022 adalah BAIK. Berikut hasil perhitungannya.

Sesuai dengan indeks yang diperoleh, maka jika merujuk pada pengkategorisasian mutu layanan dapat dikatakan bahwa kinerja pelayanan publik Puskesmas Jebed masuk pada kategori B (Baik) berdasarkan hasil pengukuran pada semester I tahun 2022. Berikut perolehan hasil setiap unsur penilaian.

No Unsur Layanan Nilai Mutu Pelayanan
1 2 3 4
1 Persyaratan 81,50 Baik
2 Prosedur 80,63 Baik
3 Waktu Pelayanan 76,75                Baik
4 Biaya/Tarif 86,50 Baik
5 Produk Spesfikasi 80,13 Baik
6 Kompetensi Pelaksana 84,75 Baik
7 Perilaku Pelaksana 83,13 Baik
8 Sarana dan Prasarana 77,63 Baik
9 Penanganan Pengaduan 76,63 Baik
IKM 80,77 Baik

Hasil yang diperoleh pada laporan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dapat menjadi perbaikan di Puskesmas Jebed untuk kedepannya guna meningkatkan kesehatan masyarakat. Perbaikan yang perlu diperhatikan terlebih dahulu yakni pada waktu pelayanan dan penanganan pengaduan. Meskipun telah memperoleh predikat baik dalam hasil survei kepuasan masyarakat yang telah dilakukan, penyelenggara layanan hendaknya tidak cepat berpuas diri dan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.

 DOWNLOAD LAPORAN SKM-IKM PUSKESMAS JEBED TERBARU DAN LAMA (DALAM LINK TERSEBUT TERSEDIA BEBERAPA FILE YANG TERPISAH SETIAP LAPORANNYA)