Dimasa Pandemi Covid-19 sekang ini, Pemerintah telah mengupayakan berbagai pencegahan terhadapat penyakit Covid-19. Salah satu bentuk upayanya yaitu melalui proses vaksinasi.

Vaksinasi merupakan langkah pemberian vaksin kedalam tubuh melalui suntikan dengan tujuan untuk mengaktifkan/membentuk imunitas tubuh terhadap suatu sumber penyakit sehingga menciptakan kekebalan tubuh terhadap penyakit tersebut. Vaksinasi dinilai efektif untuk dicanangkan dalam upaya pencegahan covid-19.

Pada awal pelaksanaan proses vaksinasi Covid-19 memang ketersediaannya terbatas dan diperuntukan untuk tenaga kerja tertentu. Namun, sekarang sudah merambat ke vaksinasi untuk masyarakat luas bahkan sudah ada vaksin Covid-19 yang dapat diberikan kepada ibu hamil difasilitas pelayanan kesehatan termasuk juga Puskesmas Jebed.

Puskesmas Jebed telah melaksanakan Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil pada:

Hasri/Tanggal : Jum’at, 3 September 2021

Pukul                : 08.00-10.00 WIB

Sasaran            : Ibu hamil wilayah kerja Puskesmas Jebed dengan usia kehamilan (lebih dari 12 minggu)

Ibu hamil yang datang sebanyak 60  orang, hal ini menandakan bahwa antusiasme sasaran sanggat tinggi. Harapannya kesedapan seluruh sasaran mau serta memperoleh vaksin covid-19.

 

———————–Q&A————————————————————————————–

1. Mengapa ibu hamil harus di vaksin?

=> vaksin melindungi ibu hamil dari gejala berat, komplikasi kehamilan, gangguan pada janin bahkan hingga kematian.

2. Kapan sebaiknya ibu hamil mendapatkan vaksin covid-19

=> vaksinasi covid-19 dosis 1 dianjurkan diberikan ketika usia kehamilan 13 – 33 minggu. diharapkan tercapai perlindungan optimal ibu dan janin pada trimester 3 atau saat melahirkan.

3. Jika usia kehamilan diatas 33 minggu, bolehkah divaksin?

=> boleh. vaksinasi tetap diberikan 2 kali. jarak vaksin dosis 1 dan 2 disesuaikan dengan jenis vaksin (biasanya pada kartu vaksin akan dituliskan jadwal vaksinasi dosis ke-2 sesuai dengan jenis vaksin oleh petugas)

4. Jika ibu hamil tersebut penyintas covid-19, kapan diperbolehkan vaksin?

=> 3 bulan setelah dinyatakan sembuh

5. Kapan ibu hamil harus menunda vaksinasi?

=> jika terdapat kondisi seperti curiga atau terkonfirmasi terinfeksi covid-19, pre-eklamsia, penyakit yang tidak dapat terkontrol (misal: diabetes dengan kadar gula tinggi), dan suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celcius serta tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg.

6. Jenis vaksin apa saja yang bisa digunakan untuk ibu hamil?

=> Pfizer, Moderna, Sinovac

sumber Q&A  dari : POGI-Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *